Dongeng Lutung Kasarung

November 30, 2017


Dongeng-Lutung-Kasarung-dongeng-lutung-kasarung-bahasa-sunda-ringkasan-cerita-lutung-kasarung-ringkasan-carita-lutung-kasarung-tokoh-lutung-kasarung-cerita-rakyat-lutung-kasarung-dan-unsur-intrinsiknya-amanat-dari-cerita-lutung-kasarung-inti-cerita-lutung-kasarung-naskah-drama-lutung-kasarung-kumpulan-cerita-rakyat-indonesia-kumpulan-cerita-mitos-di-indonesia-kumpulan-cerita-horor-indonesia-kumpulan-cerita-dongeng-indonesia-cerita-pendek-indonesia-cerita-pendek-anak-indonesia-cerita-bahasa-indonesia-singkat-cerita-bahasa-indonesia-cerita-rakyat-indonesia-singkat-cerita-rakyat-indonesia-bahasa-inggris-cerita-rakyat-indonesia-pendek-cerita-rakyat-indonesia-bergambar-dongeng-rakyat-indonesia-dongeng-indonesia-pendek-dongeng-indonesia-dalam-bahasa-inggris-dongeng-anak-indonesia-bergambar-dongeng-indonesia-singkat-legenda-indonesia-dalam-bahasa-inggris-legenda-legenda-indonesia-legenda-indonesia-terkenal-legenda-hantu-indonesia-cerita-fabel-indonesia-cerita-mitos-indonesia-yang-terkenal-cerita-legenda-indonesia-singkat-cerita-indonesia-romantik



Dihari ini aku akan membagikan sebuah kumpulan cerita dongeng indonesia tentang kehidupan di sebuah kerajaan yang di beri unsur kejahaatan dan percintaan. Masih bingung dengan cerita macam apa yang akan di tampilkan?. Hehe, oke langsung saja nikamati ceritanya dibahaw ini.

Pada zaman dahulu kala terdapat seorang putri yang bernama Purbasari. Dia adalaha anak bungsu dari seseorang yang memiliki julukan Raja Tapa Agung yang juga disebut raja kerajaan pasir batang. Purbasari memiliki beberapa saudara yang terdiri dari 6 kakak yaitu Purbararang, Purbadewata, Purbaendah, Purbakancana, Purbamanik dan Purbaleuih.

Purbasari memiliki sikap yang sangat baik.Lemah lembut, manis budi, dan suka membantu. Siapapun yang memerlukan bantuannya akan segera dibantu tanpa pamrih. Tidak cuman kelakuannya yang baik, Purbasari memiliki wajah yang sangat cantik rupawan, setiap orang yang melihatnya pasti akan jatuh hati pada pandangan pertama. Akan tetapi sikap dan kebaikan hati dari Purbasari tidak menurun dari kakaknya Purbararang yang berperangai sangatlah jelek. Meskipun cantik Purbararang sangatlah kasar, sombong, kejam serta iri hati pada siapaun juga.

Setelah mengemban takhta selama beberapa waktu, Raja Tapa Agung pun ingin turun takhta. Beliau sudah memikirkannya matang - matang bahwa yang akan menjadi penerusnya ialah Purbasari. Sang Prabu sudah memperhatikan tingkah laku Purbasari selama bertahun - tahun. bahwa Purbasari yaitu sosok yang paling layak menggantikannya, bukanlah melainkan Purbararang meskipun ia adalah anak sulungnya. Pemikirannya seperti itu lantaran perilaku dan tingkah laku dari anak sulungnya. Prabu Tapa agung merasa cemas, bila Purbararang yang akan menduduki takhtanya akan menjadikan kerajaannya jatuh karena kepribadian Purbararang itu sendiri.

Di sebuah kersempatan Raja Tapa Agung pada saaat di hadapan semua pembesar kerajaan serta ketujuh putrinya, Prabu Tapa Agung menyerahkan takhtanya kepada Purbasari. Prabu Tapa Agung lalu meninggalkan istana dan kerajaannya untuk mengawali hidup barunya juga sebagai pertapa.

Purbararang sangatlah geram luar biasa dikarenakan ia merasa takhta Kerajaan Pasir Batang diserahkan pada adik bungsunya serta tak pada dianya yang notabennya lebih tua. Jadi, selang sehari dari penobatan Purbasari adiknya tersebut menjadi Ratu Kerajaan Pasir Batang, Purbararang pun menghubungi Indrajaya tunangannya. Keduanya lalu meminta pertolongan nenek sihir untuk memberikan kesialan terhadap Purbasari.

Saat sudah meminta kepada Nenek sihir jahat itu, lalu ia diberikan boreh (zat berwarna hitam yang di buat dari tumbuhan - tumbuhan tertentu). Nenek sihir itu berkata. ” Semburkan boreh ini kewajah serta semua badan dari Purbasari. ”

Purbararang pun melaksanakan perinta si nenek sihir jahat itu. Purbasari pun mendapati bahwa tubuhnya mulai berubah, di semua badan Purbasari bermunculan bercak-bercak hitam yang mengerikan. Dengan keadaan itu Purbararang memiliki suatu alasan untuk mengusir Purbasari dari istana.

“ Orang seperti ini yang memiliki penyakit dan kutukan menjijikan ini tidak pantas menjadi Ratu kerajaan Pasir Batang. Telah semestinya dia diasingkan ke rimba supaya penyakitnya tak menular. ” Kata Purbararang.

Dengan kelakuannya tersebut Purbararang pun dapat mengambil tahta Kerajaan Pasir Batang. Dia memerintahkan Uwak Batara yang disebut penasihat istana untuk mengasingkan Purbasari ke rimba.

Saat Purbasari sedang diasingkan dihutan, terjadi masalah yang sangat besar di khayangan. Pangeran Guru Minda tak sudi menikah dengan bidadari khayangan seperti yang diperintahkan Sunan Ambu ibunya. Pangeran Guruminda cuma sudi menikah dengan wanita yang kecantikannya setara dengan Sunan Ambu ibunya tersebut.

Sunan ambu menasehati bahwa sosok wanita yang secantik dianya cuma bakal didapati Pangeran Guruminda didunia manusia. Akan tetapi bila pangeran Guruminda bersikeras menginginkan wanita yang sesai dengan keinginannya hasratnya itu, dia mesti pergi ke dunia manusia yang tak berbentuk dan  pangeran Guruminda yang gagah serta tampan, tetapi mesti dalam bentuk penyamaran hewan lutung . ” Lutung kasarung namamu. ” Sunan Ambu pun berkata. ” Apakah engkau bersedia mengerjakannya? ”

Pangeran Guruminda pun bersedia dengan kondisi yang akan didapatinya. Sesudah menjelma jadi seekor Lutung Kasarung, Pangeran Guru Minda langsung turun ke dunia manusia. Dia tiba di rimba. Dalam beberapa waktu singkat saja Lutung Kasarung telah jadi raja beberapa lutung serta kera dihutan itu. Hal semacam ini sangatlah wajar saja lantaran tak ada kera serta lutung yang dapat menandingi kesaktian, kecerdasan serta kemampuan dari Pangeran Guruminda.

Dan dengan beberapa inforamasi Lutung Kasarung tahu keburukan serta kekejaman dari Purbararang yang bertakhta juga sebagai ratu di kerajaan Pasir Batang. Lutung Kasarung atau Pangeran Guruminda berkeinginan untuk memberikan pelajaran kepada Ratu yang bengis tersebut. Jadi, saat dia mendengar gagasan Purbararang mencari hewan kurban di rimba, Lutung Kasarung mempunyai ide dengan membiarkan dirinya di tangkap dan dibawa oleh beberapa orang suruhan Purbararang.

Sesaat sebelum diajadikannya kurban, Lutung Kasarung mengamuk sampai - sampai menghancurkan sebagian istana Pasir Batang. Beberapa prajurit kerajaan Pasir Batang yang punya niat menangkapnya di buat tak berdaya akan kesaktian Lutung Kasarung. Kalang kabut seluruhnya yang punya niat meringkusnya. Lutung Kasarung pun berperang sendirian melawan prajurit dari Kerajaan Pasir Batang.

Melihat situasi yang tidak mendukung. Purbararang meminta Uwak Barata untuk menjinakkan Lutung Kasarung. Anehnya waktu Uwak Batara maju ke medan pertandingan, Lutung Kasarung tidak mempunyai niatan dihatinya untuk bertarung dengan Uwak Batara. Bahkan juga waktu Uwak Batara menangkapnya Lutung Kasarung tak melawan sama sekali. Purbararang selekasnya meminta Uwak Batara buang Lutung Kasarung ke rimba di mana tempat yang sama saat Purbasari diasingkan. Dia menginginkan Purbasari tewas dimangsa oleh Lutung Kasarung tersebut yang dia anggap juga sebagai hewan buas itu.

Uwak Batara pun langsung membawa Lutung Kasarung ke rimba di mana Purbasari diasingkan. Uwak Batara Lengser meyakini bahwa Lutung Kasarung tidaklah hewan sperti pada umumnya, oleh karena itu beliau berpesan pada Lutung Kasarung saat menjumpai putri Purbasari. ”Wahai Lutung, dengarlah permintaanku ini, putri yang sekarang ini ada didepanmu ialah putri dari Prabu Tapa Agung. Ia yaitu Putri yang baik hati serta seharusnya menjadi Ratu Kerajaan Pasir Batang. Cuma lantaran kekejaman dari saudarinyalah dia diasingkan serta tersingkir ke rimba ini. Oleh karenanya sebaiknya engkau melindungi junjungan kami ini, mohon dengarkan permintaanku ini Lutung. ”

Lutung Kasarung menganggukan kepala. Jadi mulai sejak waktu itu Lutung Kasarung jadi penjaga sekalian jadi teman dekat dekat Purbasari. Dengan hadirnya Lutung Kasarung disisinya bikin rasa sedih Purbasari perlahan-lahan menghilang. Dia memperoleh teman dekat yang menghibur serta melindunginya dari berbagai macam ancaman. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Lutung Kasarung memerintahkan beberapa kera untuk membawa makanan serta buah-buahan untuk Purbasari. Kelembutan hati, kebaikan serta karakter baik Purbasari bikin Lutung Kasarung makin lama makin sayang pada Purbasari. Begitu juag dengan sikap tanggung jawab, kepemimpinan serta kecerdasan dari Lutung Kasarung membuat Purbasari jadi jatuh cinta. Semakin waktu berlalu, mereka berdua seperti tidak akan bisa dipisahkan satu sama lain.

Dengan tanpa sepengetahuan Purbasari, Lutung Kasarung memohon pada ibundannya Sunan Ambu untuk dibuatkan taman yang indah dengan tempat pemandian yang sangat cantik untuk Purbasari. Sunan ambu lalu memerintahkan beberapa dewa serta beberapa bidadari untuk turun ke bumi agar dapat mewujudkan hasrat dari putranya. Beberapa Dewa dan Bidadari pun mendirikan taman serta tempat mandi yang sangatlah indah untuk Purbasari. Pancurannya terbuat dari bongkahan emas murni. Dinding dan juga lantainya terbuat dari batu pualam. Air telaga yang mengalir dengan tenang datang dari telaga kecil yang murni bersih serta dengan doa-doa dari beberapa dewa. Beberapa Dewa dan Bidadari memberiakan nama pada taman yang indah itu Jamban Salaka. Tidak taman serta telaga yang indah saja yang dibuatkannya , beberapa bidadari mempersiapkan sebagian baju yang sangatlah indah serta lembut indah untuk Purbasari. Baju tersebut terbuat dari awan yang lembut dengan hiasan batu-batu permata dari dalam lautan yang sangat indah. Tak ada baju didunia ini yang dapat menandingi keindahan baju Purbasari tersebut.

Sesaat seltelah Purbasari melihat telaga dengan pancuran yang sangat indah. Purbasari selekasnya punya niat mandi untuk bersihkan diri. Seketikapun boreh kutukan yang melekat di muka serta badannya perlahan-lahan hilang. Kecantikannya sudah kembali. Lutung Kasarung yang lihat hal itu jadi terperangah tak menganggap orang yang sampai kini disayangi nyatanya wanita yang sangatlah cantik dan juga menawan. Bahkan juga kecantikan dari Purbasari bisa menaklukkan kecantikan dari Sunan Ambu. Lutung Kasarung serta Purbasari sangatlah suka dengan situasi ini. Meskipun Purbasari sudah kembali kewujudnya yang cantik rupawan, kasih sayang Purbasari pada Lutung Kasarung tak menyusut, malah makin bertanmbahnya kasih sayangnya.

Berita tantang kembalinya kecantikan Purbasari terdengar sampai ke kuping Purbararang. Purbararang tak yakin dengan berita ini, dia masih meyakini bahwa boreh yang disemburkan pada Purbasari memiliki kandungan kutukan yang sangatlah jahat serta kuat. Purbararang lalu mengajak tunangannya untuk lihat kebenaran tentang berita itu. Sesaat melihat Purbasari pun betapa kagetnya dia lihat wajah dan tubuh saudarinya tersebut sudah kembali kesosok nya yang cantik rupawan. Purbasari tampak makin menakjubkan dengan balutan baju dari beberapa bidadari.

Purbararang merasa cemas, sudah kembalinya kecantikan adiknya Purbasari bakal meneror takhta yang sedang ini didudukinya. Dia juga memikirkan cara untuk menyingkirkan adiknya tersebut, bahkan ia punya berniat singkirkan Purbasari untuk selamanya. Purbararang lalu menantang Purbasari untuk beradu panjang rambut. Bilangnya. ” Bila rambutku lebih panjang dibanding rambut Purbasari, jadi leher dari Purbasari mesti dipenggal oleh algojo kerajaan. ”

Purbararang menelan kekecewaan yang amat sangat besar sesudah dapat dibuktikan rambutnya yang sebetis kalah panjang dengan rambut Purbasari yang se tumit tersebut. Purbararang sangatlah malu merasakan kekalahannya. Untuk menutupi kekalahannya. Purbararang memberikan tantangan baru ke Purbasari. Tak tanggung-tanggung tantangan ini disampaikan didepan semua kalayak masyarakat Kerajaan Pasir Batang. Dengan nada lantang, Purbararang berkata. ” Bila muka tunanganmu lebih tampan dibanding muka tunanganku, takhta Pasir Batang bakal kuserahkan kepadamu wahai adiku. Tetapi bila demikian sebaliknya, jadi engkau sebaiknya merelakan lehermu dipenggal oleh algojo kerajaan. ”

Purbasari memhami sesuatu, bahwa ia tidak akan memenangkan tantangan tersebut. Tetapi cintanya pada Lutung Kasarung membuatnya tegar. Dia menggenggam erat tangan Lutung Kasarung. “ Saya mencintaimu serta mau engkau jadi suamiku. ” Ucapnya pada Lutung Kasarung. Air mata berlinang mengalir dikedua pipinya. Lutung Kasrung balas menggenggam tangan Purbasari lalu menghentikan air mata dipipi putri cantik jelita itu dengan sedikit senyuman.

Purbararang tertawa terbahak-bahak. ” Monyet hitam itu adalah tunanganmu?, jangan buat aku tertawa Purbasari. ”

“ Iya. ” Jawab Purbasari lantang serta mantap.

Sesaat sebelum si algojo diperintahkan untuk memengggal leher Purbasari. Lutung Kasarung mendadak duduk bersila dengan mata terpejam. Mulutnya tampak komat-kamit. Mendadak asap menyelimuti badan Lutung Kasarung. Tak kurun waktu yang lama, asap menghilang, sosok lutung kasarung dengan muka buruk, menghilang bersamaan berlalunya asap pekat itu. Bertukar dengan sosok Pangeran guru Minda yang sangatlah tampan serta gagah.

Terkagetnya semuanya dikarenakan kejadian yang tiak umum tersebut. Begitu tampannya Pangeran Guru Minda, bahkan juga sangatlah jauh melebihi ketampanan Indrajaya tunangan dari Purbararang tersebut.

Pangeran Guruminda lalu berkata bahwa ratu kerajaan Pasri Batang yang sesungguhnya yaitu Purbasari. Purbararang sudah alami kekalahan dari tantangan yang dibuatnya sendiri.

Purbararang pun tidak bisa menyangkal kembali dan serta harus mengaku kekalahannya. Tak ada lagi yang temui diperbuatnya terkecuali menyerakan takhta kerajaan pasri batang pada adiknya Purbasari. Dia juga memohon ampun atas kejahatan yang sudah dilakukannya dengan Indrajaya tunangannya. Dengan kebaikan hatinya, Purbasari memaafkan kekeliruan kakak sulungnya tersebut

Mulai sejak waktu itu Purbasari kembali bertakhta juga sebagai Ratu. Seluruh rakyat sangatlah bergembira dengan diangkatnya ratu mereka yang baru, serta sekaligus lepas dari belenggu pemerintahan Purbararang yang jahat dan kejam. Mereka makin berbahagia mengetahuii bahwa Ratu Mereka Purbasari menikah dengan Pangeran guruminda yang tampan serta gagah. Purbasari serta Pangeran guruminda puin hidup berbahagia selamanya.

Giaman?. Bagus enggak. jika bagus silahkan mampir lagi untuk kumpulan cerita rakyat indonesia lainnya. terimakasih telah membaca.

Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔